DOKUMEN POKOK
A. PROFIL UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI
UPPS
B. KRITERIA
KRITERIA 1. VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI
- SK Pendirian PS
- Sertfikat dan SK Akreditasi
- Kebijakan Rektor terkait VMTS
- SOP Penyusunan VMTS
- Laporan Sosialisasi Kebijakan Rektor terkait VMTS
- SK Tim Penyusun VMTS
- Berita Acara Penyusunan Draft VMTS
- Berita Acara Penetapan VMTS
- SK Penetapan VMTS
- Laporan Survey Pemahaman VMTS
- RTM Hasil Survey Pemahaman VMTS 2022
- Laporan Evaluasi Pemahaman VMTS PS
- Dokumen mekanisme penyusunan VMTS PS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)
- SK Penetapan VMTS PS
- Laporan sosialisasi VMTS PS (lengkap dengan berita acara, daftar hadir peserta, foto dokumentasi)
- Instrumen dan Laporan survey pemahanan VMTS PS
- Laporan RTM hasil survey pemahaman VMTS PS (lengkap dengan berita acara, daftar hadir peserta, foto dokumentasi)
- Renstra PS
- Renop PS tahun 2023
- Laporan ketercapaian Renop PS tahun 2023
- Program kerja PS tahun 2021, 2022, 2023
KRITERIA 2. TATA PAMONG, TATA KELOLA, DAN KERJA SAMA
- Statuta UBBG
- Standar pelampauan Tata Pamong UBBG
- Kebijakan Tata Pamong, Kepemimpinan, Pengelolaan, Penjaminan Mutu, Etika, dan Integritas, UBBG
- SOTK
- SP3R
- Kebijakan Kerja sama
- Pedoman Pemilihan Rektor, Dekan dan Ka.Prodi
- Laporan sosialisasi SOTK
- Laporan Sosialisasi kebijakan Kerja Sama
- SOP Tata Pamong
- SOP Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik Dosen dan Tendik
- Renstra Kerja sama
- Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan
- Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
- Struktur organisasi (PS, FKIP, LPM)
- SK Dekan dan Wakil Dekan
- SK Jabatan struktural di Prodi
- SK Pembentukan LPM
- SK TIM Mutu (Kepala LPM, SMAF dan MWPM)
- Dokumen Komitmen Bersama unsur pimpinan, Program studi, lembaga dan unit di lingkungan FKIP UBBG
- Renstra FKIP
- Proker FKIP
- Laporan EDO setiap smester (dapat diakses)
- Kumpulan SK Kepemimpinan Publik setiap dosen Prodi dan pimpinan UPPS
- Kerja sama dalam negeri ≥ 12 dan luar negeri ≥ 6. aspek pendidikan, penelitian, PKM dan pengembangan kelembagaan
- Dokumen MOA Nasional dan Internasional (Jumlah kerja sama dalam negeri ≥ 12 dan luar negeri ≥ 6. aspek pendidikan, penelitian, PKM dan pengembangan kelembagaan
- Dokumen IA dan Laporan keterlaksanaan Kerjasama Nasional dan Internasional
- Laporan survey kepuasan mitra terhadap pelaksaan kerja sama
- Laporan RTM hasil survey kerja sama
- Laporan Survey kepuasan dosen dan tendik terhadap manajemen UBBG
- Laporan RTM Hasil Survey Kepuasanan Manajemen UBBG
- Dokumen Kebijakan Mutu
- Standar Mutu SNDIKTI
- Manual Mutu
- Formulir Mutu
- Laporan AMI
- RTM
- Laporan external benchmarking dalam peningkatan mutu
KRITERIA 3. MAHASISWA
- Kebijakan Rektor Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru
- Standar Penerimaan Mahasiswa baru
- Manual Penerimaan Mahasiswa Baru
- Panduan Sipenmaru
- Laporan Penerimaan Mahasiswa Baru
- RTM Penerimaan Mahasiswa Baru
- RTL Penerimaan Mahasiswa Baru
- Standar Layanan Kemahasiswaan
- Manual Layanan kemahasiswaan
- Laporan Audit Layanan Kemahasiswaan
- RTM audit layanan kemahasiswaan
- Laporan BAKAL
KRITERIA 4. SUMBER DAYA MANUSIA
- Buku SP3R
- Instrumen Penilaian Calon Dosen
- Standar Pengembangan Dosen dan Tendik
- Manual Mutu Pengembangan Dosen dan Tendik
- Kebijakan Rektor Tentang Survei Kepuasan Dosen dan Tendik
- Buku Pedoman Survey Kepuasan Dosen dan Tendik
- Laporan Survey Kepuasan Dosen dan Tendik
- RTM
- Formulir Mutu Pengembangan Dosen dan Tendik (form izin kuliah, magang, sertifikat serdos, magang, sk fungsional LK, Rekognisi Dosen)
- Survey Kepuasan Dosen dan Tendik
- RTL (Rencana Tindak Lanjut)
KRITERIA 5. KEUANGAN, SARANA DAN PRASARANA
- Kebijakan Rektor terkait Keuangan, Sarana dan Prasarana
- Pedoman Keuangan, Sarana dan Prasarana
- Laporan Sosialisasi Kebijakan Rektor terkait Keuangan, Sarana dan Prasarana
- RTM
- Blueprint Sarana dan Prasaran UBBG
- Buku Inventaris
- SOP Perawatan Sarana dan Prasarana
- Standar Mutu Pendidikan SNDIKTI (UBBG)
- Kebijakan Keuangan Tridharma perguruan tinggi (SNDIKTI)
- Formulir Standar Pembiayaan Thridharma Perguruan Tinggi Audit SPI/SPE
- RTM SPI/SPE
- Kebijakan Sarana dan Prasarana
- Formulir standar Sarana dan Prasarana
- Laporan Audit Sarpras
- RTM Audit Keuangan dan Sarpras
- Laporan Audit Keuangan
KRITERIA 6. PENDIDIKAN
- Standar Mutu Pendidikan SNDIKTI (UBBG)
- Manual Mutu Pendidikan (UBBG)
- Laporan Sosialisasi Standar dan Manual Mutu Pendidikan
- Panduan Penyusunan Kurikulum
- Panduan Asesmen DC-LOM
- Laporan Revisi Kurikulum Minor-Mayor Kurikulum UPPS
- RTL Hasil Evaluasi Minor Mayor
- Laporan Penyampaian Perubahan Minor-mayor Kurikulum
- Buku kurikulum PS
- Laporan Monev-In Pembelajaran PS
- RTL hasil Monev-in Pembelajaran
- Berita Acara Penyampaian Hasil Monev-in Pembelajaran
- Kumpulan DPNA dan DC-LOM DTPS (sejumlah mata kuliah prodi)
- Buku Panduan Microteaching Melibatkan 8 Keterampilan Mengajar
- Buku Inventaris Alat-alat Microteaching
- SOP Perawatan Peralatan Microteaching
- Jadwal Lab Microteaching
- Bukti bimbingan akademik yang terdokementasikan dengan baik per semester (Lengkap dengan foto mhs dan tanda tangan)
- Buku Panduan Asistensi Mengajar
- Bukti bimbingan asistensi baik berupa absensi maupun laporan pelaksanaan
- Buku Bimbingan Skripsi
- Bukti Bimbingan Skripsi
- Bukti Bimbingan Skripsi Dosen DTPS PGSD
- Laporan PS pelaksanaan kegiatan di luar kelas (seperti laporan kuliah umum, seminar, konferensi, lokakarya, pelatihan, FGD, bedah buku, dan pertukaran mahasiswa) sebanyak 4 kali dalam 1 smster dan terdokumentasi dengan baik.
- Laporan pelaksanaan kegiatan yang mengundang dosen tamu yang berkaitan dengan kegiatan akademik
- Laporan EDO dan terdokumentasi dengan baik
- RTM Pengabdian dan penelitian LPPM
- Laporan PS dan UPPS terkait kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik (ISO)
- Laporan kepuasan SarPras
- Kumpulan SOP dan Perangkat Pembelajaran di Prodi
- Buku Panduan Kurikulum
- Buku Panduan Pembimbingan Akademik
- Buku Panduan MBKM dan Asistensi Mengajar
- Pelaksanaan Program MBKM
- Laporan Audit Program MBKM
- RTM MBKM
- SK Kerangka Dasar Kurikulum UBBG
KRITERIA 7. PENELITIAN
- Standar Mutu Penelitian dan PkM
- SOP
- Renstra Penelitian
- Roadmap Penelitian
- Laporan Sosialisasi Standar dan Manual mutu Penelitian dan PkM (melekat pada sosialisasi buku SPMI UBBG)
- Laporan Monev-in Penelitian
- RTL hasil Monev-in Penelitian
- Roadmap Penelitian dan PkM
- Laporan Penelitian DTPS yang melibatkan mahasiswa 100%
KRITERIA 8. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
- Standar Mutu Penelitian dan PkM
- SOP
- Renstra PkM
- Roadmap PkM
- Laporan Sosialisasi Standar dan Manual mutu Penelitian dan PkM (melekat pada sosialisasi buku SPMI UBBG)
- Laporan Monev-in PkM
- RTL hasil Monev-in PkM
- Laporan PkM DTPS yang melibatkan mahasiswa 100%
- Contoh Laporan PKM DTPS
- Daftar PkM Dosen Tetap Program Studi yang Melibatkan Mahasiswa (AMI)
KRITERIA 9. KELUARAN DAN CAPAIAN TRIDHARMA
- Kebijakan Mutu UBBG
- Standar Mutu UBBG
- Manual Mutu UBBG
- Formulir Mutu UBBG
- Laporan Sosialisasi 4 Dokumen SPMI
- Laporan Audit Mutu Internal UBBG
- RTM
- SK Yudisium
- Rekapan Prestasi Mahasiswa PENIPA Bidang Akademik dan Non Akademik
- Instrumen Pelacakan Lulusan
- Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan
- Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan
- Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.
- Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED
- Dokumen sitasi publikasi ilmiah
- Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat
- Dokumen bukti adopsi
- Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten
- Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Meneri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwewenang
- Artikel dosen di jurnal nasional ber-ISSN
- Artikel dosen di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN
- Artikel dosen di jurnal internasional
- Artikel dosen di jurnal internasional bereputasi
- Artikel dosen dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi
- Artikel dosen dalam prosiding seminar nasional
- Artikel dosen dalam prosiding seminar internasional
- Tulisan dosen di media massa lokal atau wilayah
- Tulisan dosen di media massa nasional
- Tulisan dosen di media massa internasional
- Pameran/pagelaran dosen tingkat lokal/wilayah/perguruan tinggi
- Pameran/pagelaran dosen tingkat nasional
- Pameran/pagelaran dosen tingkat nasional
- Artikel mahasiswa di jurnal nasional ber-ISSN
- Artikel mahasiswa di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN
- Artikel mahasiswa di jurnal internasional
- Artikel mahasiswa di jurnal internasional bereputasi
- Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi
- Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar nasional
- Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar internasional
- Tulisan mahasiswa di media massa lokal atau wilayah
- Tulisan mahasiswa di media massa nasional
- Tulisan mahasiswa di media massa internasional
- Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat lokal/wilayah/perguruan tinggi
- Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat nasional
- Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat nasional
- Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilias pendukung lainnya
- “Dalam 3 tahun terakhir, setiap tahun UPPS (a) melakukan evaluasi capaian kinerja dan capaian CPL 1 kali dalam 1 tahun secara konsisten dan terintegrasi dalam sistem akademik, (b) mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan PS, (c)mengidentifikasi penyebab kelebihan dan kelemahan PS, (d) Menyusun strategi untuk mengatasi kelemahan PS, dan (d) mempublikasikan hasil evaluasi pada Web PT/UPPS”
- “UPPS menetapkan strategi pengembangan PS secara (a) tepat, (b) jelas, (c) realistik, (d) dengan tahapan yang jelas”
- RIP Program Studi
- Renstra Program Studi
- Renop Program Studi
- Laporan ketercapaian RENOP PS
C. ANALISIS PERMASALAHAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI
KRITERIA C
DATA KUANTITATIF
DATA KUANTITATIF
- Tabel Data Kuantitatif di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) – Data Program Studi
- Tabel Data Kuantitatif di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) – Keuangan dan Kerjasama
- Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pendidikan
- Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Penelitian
- Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)
- Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pengembangan Kelembagaan: SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten,
- Teknologi Pembelajaran, dll.
- Tabel 3.1.2.2 Mahasiswa Reguler
- Tabel 3.1.2.3.1 Calon Mahasiswa Dalam Negeri
- Tabel 3.1.2.3.2 Calon Mahasiswa Luar Negeri
- Tabel 3.2.2 Program layanan dan pembinaan minat, bakat, penalaran, kesejahteraan, dan keprofesian mahasiswa
- Tabel 4.1.2.2 DTPS yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan Bidang PS
- Tabel 4.1.2.3 DTPS yang Bidang Keahliannya di Luar Bidang PS
- Tabel 4.1.2.4 Rasio DTPS terhadap Mahasiswa Reguler
- Tabel 4.1.2.5 Beban Kerja Dosen DTPS
- Tabel 4.1.2.6 Kegiatan Mengajar Dosen Tetap – Semester Gasal
- Tabel 4.1.2.6 Kegiatan Mengajar Dosen Tetap – Semester Genap
- Tabel 4.1.2.7 Jumlah Bimbingan Tugas Akhir atau Skripsi, Tesis, dan Disertasi
- Tabel 4.1.2.8 Prestasi DTPS
- Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS
- Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS-1
- Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS-2
- Tabel 4.2.2.2 Profil Tendik
- Tabel 4.2.2.3 Pengembangan Kompetensi dan Karier Tendik
- Tabel 5.1.2.1 Pemerolehan Dana
- Tabel 5.1.2.2 Penggunaan Dana
- Tabel 5.1.2.3 Dana Penelitian
- Tabel 5.1.2.4 Dana PkM
- Tabel 5.2.2.1 Data Prasarana Pendidikan
- Tabel 5.2.2.2 Data Sarana Pendidikan
- Tabel 6.1.2.2 Mata Kuliah, CPL, dan Perangkat Pembelajaran
- Tabel 6.2.2.2 Integrasi Hasil Penelitian dan PkM dalam Proses Pembelajaran
- Tabel 6.5.2.2 Jumlah Mahasiswa Bimbingan dan Frekuensi Pertemuan
- Tabel 6.5.2.4 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Magang Kependidikan dan Frekuensi Pertemuan
- Tabel 6.5.2.6 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Tugas Akhir atau Skripsi dan Frekuensi Pertemuan
- Tabel 6.6.2.1 Kegiatan Akademik di Luar Perkuliahan
- Tabel 6.6.2.2 Dosen Tamu dan Tenaga Ahli
- Tabel 6.7.2 Kepuasan Mahasiswa
- Tabel 7.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian
- Tabel 8.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam PkM
- Tabel 9.1.2.1 IPK Lulusan
- Tabel 9.1.2.2 Prestasi Mahasiswa
- Tabel 9.1.2.3 Masa Studi, Kelulusan Tepat Waktu, dan Keberhasilan Studi
- Tabel 9.1.2.4 Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama
- Tabel 9.1.2.5 Tingkat Relevansi Pekerjaan
- Tabel 9.1.2.6 Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan
- Tabel 9.2.2.1 Publikasi DTPS dan Mahasiswa
- Tabel 9.2.2.2 Karya Ilmiah DTPS dan Mahasiswa yang Disitasi
- Tabel 9.2.2.3 Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Diadopsi oleh Masyarakat
- Tabel 9.2.2.4 Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Ber-HKI atau Paten