Visitasi LAMDIK

 

A. PROFIL UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI

B. KRITERIA

KRITERIA 1. VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI

  1. SK Pendirian PS
  2. Sertfikat dan SK Akreditasi
  3. Kebijakan Rektor terkait VMTS
  4. SOP Penyusunan VMTS
  5. Laporan Sosialisasi Kebijakan Rektor terkait VMTS
  6. SK Tim Penyusun VMTS
  7. Berita Acara Penyusunan Draft VMTS
  8. Berita Acara Penetapan VMTS
  9. SK Penetapan VMTS
  10. Laporan Survey Pemahaman VMTS
  11. RTM Hasil Survey Pemahaman VMTS 2022
  12. Laporan Evaluasi Pemahaman VMTS PS
  13. Dokumen mekanisme penyusunan VMTS PS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)
  14. SK Penetapan VMTS PS
  15. Laporan sosialisasi VMTS PS (lengkap dengan berita acara, daftar hadir peserta, foto dokumentasi)
  16. Instrumen dan Laporan survey pemahanan VMTS PS
  17. Laporan RTM hasil survey pemahaman VMTS PS (lengkap dengan berita acara, daftar hadir peserta, foto dokumentasi)
  18. Renstra PS
  19. Renop PS tahun 2023
  20. Laporan ketercapaian Renop PS tahun 2023
  21. Program kerja PS tahun 2021, 2022, 2023

KRITERIA 2. TATA PAMONG, TATA KELOLA, DAN KERJA SAMA

  1. Statuta UBBG
  2. Standar pelampauan Tata Pamong UBBG
  3. Kebijakan Tata Pamong, Kepemimpinan, Pengelolaan, Penjaminan Mutu, Etika, dan Integritas, UBBG
  4. SOTK
  5. SP3R
  6. Kebijakan Kerja sama
  7. Pedoman Pemilihan Rektor, Dekan dan Ka.Prodi
  8. Laporan sosialisasi SOTK
  9. Laporan Sosialisasi kebijakan Kerja Sama
  10. SOP Tata Pamong
  11. SOP Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik Dosen dan Tendik
  12. Renstra Kerja sama
  13. Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan
  14. Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
  15. Struktur organisasi (PS, FKIP, LPM)
  16. SK Dekan dan Wakil Dekan
  17. SK Jabatan struktural di Prodi
  18. SK Pembentukan LPM
  19. SK TIM Mutu (Kepala LPM, SMAF dan MWPM)
  20. Dokumen Komitmen Bersama unsur pimpinan, Program studi, lembaga dan unit di lingkungan FKIP UBBG
  21. Renstra FKIP
  22. Proker FKIP
  23. Laporan EDO setiap smester (dapat diakses)
  24. Kumpulan SK Kepemimpinan Publik setiap dosen Prodi dan pimpinan UPPS
  25. Kerja sama dalam negeri ≥ 12 dan luar negeri ≥ 6. aspek pendidikan, penelitian, PKM dan pengembangan kelembagaan
  26. Dokumen MOA Nasional dan Internasional (Jumlah kerja sama dalam negeri ≥ 12 dan luar negeri ≥ 6. aspek pendidikan, penelitian, PKM dan pengembangan kelembagaan
  27. Dokumen IA dan Laporan keterlaksanaan Kerjasama Nasional dan Internasional
  28. Laporan survey kepuasan mitra terhadap pelaksaan kerja sama
  29. Laporan RTM hasil survey kerja sama
  30. Laporan Survey kepuasan dosen dan tendik terhadap manajemen UBBG
  31. Laporan RTM Hasil Survey Kepuasanan Manajemen UBBG
  32. Dokumen Kebijakan Mutu
  33. Standar Mutu SNDIKTI
  34. Manual Mutu
  35. Formulir Mutu
  36. Laporan AMI
  37. RTM
  38. Laporan external benchmarking dalam peningkatan mutu

KRITERIA 6. PENDIDIKAN

  1. Standar Mutu Pendidikan SNDIKTI (UBBG)
  2. Manual Mutu Pendidikan (UBBG)
  3. Laporan Sosialisasi Standar dan Manual Mutu Pendidikan
  4. Panduan Penyusunan Kurikulum
  5. Panduan Asesmen DC-LOM
  6. Laporan Revisi Kurikulum Minor-Mayor Kurikulum UPPS
  7. RTL Hasil Evaluasi Minor Mayor
  8. Laporan Penyampaian Perubahan Minor-mayor Kurikulum
  9. Buku kurikulum PS
  10. Laporan Monev-In Pembelajaran PS
  11. RTL hasil Monev-in Pembelajaran
  12. Berita Acara Penyampaian Hasil Monev-in Pembelajaran
  13. Kumpulan DPNA dan DC-LOM DTPS (sejumlah mata kuliah prodi)
  14. Buku Panduan Microteaching Melibatkan 8 Keterampilan Mengajar
  15. Buku Inventaris Alat-alat Microteaching
  16. SOP Perawatan Peralatan Microteaching
  17. Jadwal Lab Microteaching
  18. Bukti bimbingan akademik yang terdokementasikan dengan baik per semester (Lengkap dengan foto mhs dan tanda tangan)
  19. Buku Panduan Asistensi Mengajar
  20. Bukti bimbingan asistensi baik berupa absensi maupun laporan pelaksanaan
  21. Buku Bimbingan Skripsi
  22. Bukti Bimbingan Skripsi
  23. Bukti Bimbingan Skripsi Dosen DTPS PGSD
  24. Laporan PS pelaksanaan kegiatan di luar kelas (seperti laporan kuliah umum, seminar, konferensi, lokakarya, pelatihan, FGD, bedah buku, dan pertukaran mahasiswa) sebanyak 4 kali dalam 1 smster dan terdokumentasi dengan baik.
  25. Laporan pelaksanaan kegiatan yang mengundang dosen tamu yang berkaitan dengan kegiatan akademik
  26. Laporan EDO dan terdokumentasi dengan baik
  27. RTM Pengabdian dan penelitian LPPM
  28. Laporan PS dan UPPS terkait kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik (ISO)
  29. Laporan kepuasan SarPras
  30. Kumpulan SOP dan Perangkat Pembelajaran di Prodi
  31. Buku Panduan Kurikulum
  32. Buku Panduan Pembimbingan Akademik
  33. Buku Panduan MBKM dan Asistensi Mengajar
  34. Pelaksanaan Program MBKM
  35. Laporan Audit Program MBKM
  36. RTM MBKM
  37. SK Kerangka Dasar Kurikulum UBBG

KRITERIA 9. KELUARAN DAN CAPAIAN TRIDHARMA

  1. Kebijakan Mutu UBBG
  2. Standar Mutu UBBG
  3. Manual Mutu UBBG
  4. Formulir Mutu UBBG
  5. Laporan Sosialisasi 4 Dokumen SPMI
  6. Laporan Audit Mutu Internal UBBG
  7. RTM
  8. SK Yudisium
  9. Rekapan Prestasi Mahasiswa PENIPA Bidang Akademik dan Non Akademik
  10. Instrumen Pelacakan Lulusan
  11. Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan
  12. Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan
  13. Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.
  14. Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED
  15. Dokumen sitasi publikasi ilmiah
  16. Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat
  17. Dokumen bukti adopsi
  18. Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten
  19. Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Meneri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwewenang
  20. Artikel dosen di jurnal nasional ber-ISSN
  21. Artikel dosen di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN
  22. Artikel dosen di jurnal internasional
  23. Artikel dosen di jurnal internasional bereputasi
  24. Artikel dosen dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi
  25. Artikel dosen dalam prosiding seminar nasional
  26. Artikel dosen dalam prosiding seminar internasional
  27. Tulisan dosen di media massa lokal atau wilayah
  28. Tulisan dosen di media massa nasional
  29. Tulisan dosen di media massa internasional
  30. Pameran/pagelaran dosen tingkat lokal/wilayah/perguruan tinggi
  31. Pameran/pagelaran dosen tingkat nasional
  32. Pameran/pagelaran dosen tingkat nasional
  33. Artikel mahasiswa di jurnal nasional ber-ISSN
  34. Artikel mahasiswa di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN
  35. Artikel mahasiswa di jurnal internasional
  36. Artikel mahasiswa di jurnal internasional bereputasi
  37. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi
  38. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar nasional
  39. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar internasional
  40. Tulisan mahasiswa di media massa lokal atau wilayah
  41. Tulisan mahasiswa di media massa nasional
  42. Tulisan mahasiswa di media massa internasional
  43. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat lokal/wilayah/perguruan tinggi
  44. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat nasional
  45. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat nasional
  46. Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilias pendukung lainnya
  47. “Dalam 3 tahun terakhir, setiap tahun UPPS (a) melakukan evaluasi capaian kinerja dan capaian CPL 1 kali dalam 1 tahun secara konsisten dan terintegrasi dalam sistem akademik, (b) mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan PS, (c)mengidentifikasi penyebab kelebihan dan kelemahan PS, (d) Menyusun strategi untuk mengatasi kelemahan PS, dan (d) mempublikasikan hasil evaluasi pada Web PT/UPPS”
  48. “UPPS menetapkan strategi pengembangan PS secara (a) tepat, (b) jelas, (c) realistik, (d) dengan tahapan yang jelas”
  49. RIP Program Studi
  50. Renstra Program Studi
  51. Renop Program Studi
  52. Laporan ketercapaian RENOP PS

 

C. ANALISIS PERMASALAHAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI

DATA KUANTITATIF

DATA KUANTITATIF

  1. Tabel Data Kuantitatif di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) – Data Program Studi
  2. Tabel Data Kuantitatif di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) – Keuangan dan Kerjasama
  3. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pendidikan
  4. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Penelitian
  5. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)
  6. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pengembangan Kelembagaan: SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten,
  7. Teknologi Pembelajaran, dll.
  8. Tabel 3.1.2.2 Mahasiswa Reguler
  9. Tabel 3.1.2.3.1 Calon Mahasiswa Dalam Negeri
  10. Tabel 3.1.2.3.2 Calon Mahasiswa Luar Negeri
  11. Tabel 3.2.2 Program layanan dan pembinaan minat, bakat, penalaran, kesejahteraan, dan keprofesian mahasiswa
  12. Tabel 4.1.2.2 DTPS yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan Bidang PS
  13. Tabel 4.1.2.3 DTPS yang Bidang Keahliannya di Luar Bidang PS
  14. Tabel 4.1.2.4 Rasio DTPS terhadap Mahasiswa Reguler
  15. Tabel 4.1.2.5 Beban Kerja Dosen DTPS
  16. Tabel 4.1.2.6 Kegiatan Mengajar Dosen Tetap – Semester Gasal
  17. Tabel 4.1.2.6 Kegiatan Mengajar Dosen Tetap – Semester Genap
  18. Tabel 4.1.2.7 Jumlah Bimbingan Tugas Akhir atau Skripsi, Tesis, dan Disertasi
  19. Tabel 4.1.2.8 Prestasi DTPS
  20. Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS
  21. Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS-1
  22. Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS-2
  23. Tabel 4.2.2.2 Profil Tendik
  24. Tabel 4.2.2.3 Pengembangan Kompetensi dan Karier Tendik
  25. Tabel 5.1.2.1 Pemerolehan Dana
  26. Tabel 5.1.2.2 Penggunaan Dana
  27. Tabel 5.1.2.3 Dana Penelitian
  28. Tabel 5.1.2.4 Dana PkM
  29. Tabel 5.2.2.1 Data Prasarana Pendidikan
  30. Tabel 5.2.2.2 Data Sarana Pendidikan
  31. Tabel 6.1.2.2 Mata Kuliah, CPL, dan Perangkat Pembelajaran
  32. Tabel 6.2.2.2 Integrasi Hasil Penelitian dan PkM dalam Proses Pembelajaran
  33. Tabel 6.5.2.2 Jumlah Mahasiswa Bimbingan dan Frekuensi Pertemuan
  34. Tabel 6.5.2.4 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Magang Kependidikan dan Frekuensi Pertemuan
  35. Tabel 6.5.2.6 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Tugas Akhir atau Skripsi dan Frekuensi Pertemuan
  36. Tabel 6.6.2.1 Kegiatan Akademik di Luar Perkuliahan
  37. Tabel 6.6.2.2 Dosen Tamu dan Tenaga Ahli
  38. Tabel 6.7.2 Kepuasan Mahasiswa
  39. Tabel 7.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian
  40. Tabel 8.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam PkM
  41. Tabel 9.1.2.1 IPK Lulusan
  42. Tabel 9.1.2.2 Prestasi Mahasiswa
  43. Tabel 9.1.2.3 Masa Studi, Kelulusan Tepat Waktu, dan Keberhasilan Studi
  44. Tabel 9.1.2.4 Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama
  45. Tabel 9.1.2.5 Tingkat Relevansi Pekerjaan
  46. Tabel 9.1.2.6 Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan
  47. Tabel 9.2.2.1 Publikasi DTPS dan Mahasiswa
  48. Tabel 9.2.2.2 Karya Ilmiah DTPS dan Mahasiswa yang Disitasi
  49. Tabel 9.2.2.3 Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Diadopsi oleh Masyarakat
  50. Tabel 9.2.2.4 Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Ber-HKI atau Paten

“Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa”