Visitasi LAMDIK

 

A. PROFIL UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI

B. KRITERIA

KRITERIA 2. TATA PAMONG, TATA KELOLA, DAN KERJA SAMA

  1. Statuta UBBG
  2. Standar pelampauan Tata Pamong UBBG
  3. Kebijakan Tata Pamong, Kepemimpinan, Pengelolaan, Penjaminan Mutu, Etika, dan Integritas, UBBG
  4. SOTK
  5. SP3R
  6. Kebijakan Kerja sama
  7. Pedoman Pemilihan Rektor, Dekan dan Ka.Prodi
  8. Laporan sosialisasi SOTK
  9. Laporan Sosialisasi kebijakan Kerja Sama
  10. SOP Tata Pamong
  11. SOP Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik Dosen dan Tendik
  12. Renstra Kerja sama
  13. Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan
  14. Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
  15. Struktur organisasi (PS, FKIP, LPM)
  16. SK Dekan dan Wakil Dekan:
    1. SK Dekan FKIP
    2. SK Wakil Dekan FKIP
  17. SK Jabatan Struktural di Prodi:
    1. Kaprodi
    2. Sekretaris Prodi
  18. SK Pembentukan LPM
  19. SK TIM Mutu (Kepala LPM, SMAF dan PWMP)
  20. Dokumen Komitmen Bersama unsur pimpinan, Program studi, lembaga dan unit di lingkungan FKIP UBBG
  21. Renstra FKIP
  22. Proker FKIP
  23. Laporan EDO Setiap Semester:
    1. Ganjil 2023/2024
    2. Genap 2023/2024
  24. Kumpulan SK Kepemimpinan Publik setiap dosen Prodi dan pimpinan UPPS
  25. Kerja sama Lokal: a. Kerjasama Bidang Pendidikan: 1) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar 3) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh 4) Dinas Pendidikan Aceh Selatan 5) MAN 3 Aceh Selatan b. Kerjasama Bidang Penelitian: 1) Yayasan Irwan Abdullah Cendikia (YIAC) 2) Dinas Pendidikan Aceh Selatan 3) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 4) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar 5) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh 6) MAN 3 Aceh Selatan c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM): 1) Dinas Pendidikan Aceh Selatan 2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar 3) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 4) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh d. Kerjasama Bidang Pengembangan dan Kelembagaan SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll: 1) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 2) Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh 3) Dinas Pendidikan Aceh Besar 4) Dinas Pendidikan Aceh Selatan
  26. Kerja sama Nasional: a. Kerjasama Bidang Pendidikan: 1) Universitas Negeri Jakarta 2) Universitas Negeri Medan 3) Universitas Syiah Kuala 4) Universitas Guna Dharma 5) Universitas Haji Sumatera Utara b. Kerjasama Bidang Penelitian: 1) Universitas Sebelas Maret 2) Universitas Negeri Jakarta 3)  Universitas Esa Unggul 4) Universitas Negeri Padang c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM): 1) Universitas Negeri Medan 2) Universitas Negeri Jakarta d. Kerjasama Bidang Pengembangan dan Kelembagaan SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll: 1) Universitas Negeri Medan 2) Irwan Abdullah Scholar Foundation 3) Universitas Muslim Al-Washliyah Medan 4) Universitas Negeri Padang
  27. Kerja sama Internasional: a. Kerjasama Bidang Pendidikan: 1) Fatoni University 2) Naruto University of Education, Jepang 3) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 4) Supravista Italia 5) University Kebangsaan Malaysia 6) Geo Drive 7) ICAIOS 8) Taiwan Education Center b. Kerjasama Bidang Penelitian: 1) Naruto University of Education, Jepang 2) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 3) Fatoni University 4) University Kebangsaan Malaysia 5) ICAIOS 6) Taiwan Education Center 7) PT Huawei Tech Investment c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM): 1) Naruto University of Education, Jepang 2) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 3) Fatoni University 4) University Kebangsaan Malaysia d. Kerjasama Bidang Pengembangan dan Kelembagaan SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll: 1) PT Huawei Tech Investment 2) Taiwan Education Center 3) Internasional Cultural Communication Center Malaysia 4) Naruto University of Education, Jepang 5) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 6) Fatoni University 7) University Kebangsaan Malaysia
  28. Laporan survey kepuasan mitra terhadap pelaksanaan kerja sama
  29. Laporan RTM hasil survey kerja sama
  30. Laporan Survey kepuasan dosen terhadap manajemen UBBG
  31. Laporan RTM hasil survey kepuasanan dosen terhadap manajemen UBBG
  32. Laporan Survey kepuasan tendik terhadap manajemen UBBG
  33. Laporan RTM hasil survey kepuasan tendik terhadap manajemen UBBG
  34. Laporan Survey kepuasan mahasiswa terhadap manajemen UBBG
  35. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap manajemen UBBG

KRITERIA 5. KEUANGAN, SARANA DAN PRASARANA

  1. Pedoman keuangan dan sarpras UBBG
  2. Pedoman Pengelolaan Dana UBBG
  3. Laporan sosialisasi kebijakan keuangan dan sarpras UBBG
  4. Dokumen kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan, pengeloaan dan penggunaan dana
  5. Dokumen monitoring dan evaluasi keuangan
  6. Dokumen pengelolaan prasarana dan sarana
  7. Daftar prasarana dan sarana pembelajaran
  8. Laporan perolehan dana UPPS yang berasal dari (a) Mahasiswa, (b) Usaha sendiri, (c) Pemerintah pusat dan daerah, (d) Sumber lain
  9. Dokumen pemilikan tanah
  10. Laporan Biaya operasional pendidikan PS senilai ≥ 18 Juta/mahasiswa/ tahun.
  11. Laporan Biaya operasional penelitian PS senilai ≥ 10 juta/dosen/ tahun
  12. Laporan Biaya operasional PkM PS senilai ≥ 5 juta/dosen/tahun
  13. Biaya operasional publikasi PS senilai ≥ 3 juta/dosen/ tahun
  14. Laporan audit keuangan
  15. Laporan audit sarana dan prasarana UPPS
  16. Laporan Keuangan FKIP
  17. Layanan sistem informasi (IT)
  18. Buku keamanan sistem Teknologi Informasi UBBG
  19. SOP Pemeriksaan Laporan Pertanggungjawaban Unit/Lembaga
  20. SOP Laporan Pengeluaran Anggaran
  21. Profil gedung UBBG
  22. Denah gedung UBBG
  23. Kumpulan KIR (Kartu inventaris ruangan)
  24. Laporan Survey kepuasan dosen dan tendik terhadap pengelolaan keuangan
  25. Laporan survey kepuasan dosen dan mahasiswa terhadap sarpras
  26. Kumpulan Laporan survey kepuasan tendik terhadap sarpras
  27. Laporan RTM hasil survey keuangan dan sarpras
  28. Laporan Prasarana (ruang kuliah, ruang lab microteaching, dan ruang perpustakaan) dalam jumlah yang memadai, berkualitas, dan terawat.
  29. Laporan sarana ((seperti LCD, alat laboratorium microteaching, referensi) dalam jumlah yang memadai, berkualitas, dan terawat.
  30. RENSTRA UBBG
  31. Buku Pedoman Keamanan TIK
  32. Daftar Prasarana Pembelajaran
  33. Kumpulan KIR
  34. Laporan hasil survei BUK
  35. LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI SARANA PRASARANA RUANG MAHASISWA 2024

KRITERIA 6. PENDIDIKAN

  1. Statuta UBBG
  2. Standar Mutu SNDIKTI (UBBG)
  3. Buku panduan kurikulum UBBG
  4. Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum
  5. Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS
  6. Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM
  7. Kurikulum PS (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran)
  8. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS
  9. Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS
  10. Laporan kegiatan tenaga ahli/pakar (Sebagai pembicara tamu)
    1. Dr. Ir. Aman Yamanm M. Agric. Sc
    2. Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi
    3. Assoc. Prof. Andrian Rodger
    4. Prof. Madya. Dr. Roslinda Rosli
    5. Satoshi Kusaka, Ph.D
    6. Maroning Useng, Ph.D
  11. Kumpulan RPS
  12. Kumpulan soal ujian dalam satu tahun terakhir
  13. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembalajaran
    1. Opensimka
    2. SPADA UBBG
  14. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM
  15. Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan kehadiran dosen
  16. SK Tim Monev Pembelajaran setiap semester
  17. Instrumen Monev Pembelajaran
  18. SOP Pelaksanaan Monev
  19. Laporan Hasil Monev pembelajaran PS/UPPS
  20. RTM Hasil Monev pembelajaran UPPS
  21. Dokumen panduan penilaian pembelajaran
  22. Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran
  23. Buku Panduan Microteaching
  24. Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya
  25. Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro
  26. Instrumen Penilaian pembelajaran mikro
  27. Buku bimbingan akademik
  28. Bukti bimbingan akademik sebanyak ≥ 3 kali dalam satu semester
  29. Buku panduan Skripsi
  30. Bukti Bimbingan Skripsi sebanyak ≥ 12 kali
  31. Laporan kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.
  32. Instrumen survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik 
  33. Instrumen kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran         
  34. Instrumen survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  35. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  36. Laporan kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran
  37. Laporan RTM kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran
  38. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik 
  39. Laporan RTM survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik

 

C. ANALISIS PERMASALAHAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI

DATA KUANTITATIF

DATA KUANTITATIF

  1. Tabel Data Kuantitatif di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) – Data Program Studi
  2. Tabel Data Kuantitatif di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) – Keuangan dan Kerjasama
  3. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pendidikan
  4. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Penelitian
  5. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)
  6. Tabel 2.2.2 Data Kerja Sama – Bidang Pengembangan Kelembagaan: SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten,
  7. Teknologi Pembelajaran, dll.
  8. Tabel 3.1.2.2 Mahasiswa Reguler
  9. Tabel 3.1.2.3.1 Calon Mahasiswa Dalam Negeri
  10. Tabel 3.1.2.3.2 Calon Mahasiswa Luar Negeri
  11. Tabel 3.2.2 Program layanan dan pembinaan minat, bakat, penalaran, kesejahteraan, dan keprofesian mahasiswa
  12. Tabel 4.1.2.2 DTPS yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan Bidang PS
  13. Tabel 4.1.2.3 DTPS yang Bidang Keahliannya di Luar Bidang PS
  14. Tabel 4.1.2.4 Rasio DTPS terhadap Mahasiswa Reguler
  15. Tabel 4.1.2.5 Beban Kerja Dosen DTPS
  16. Tabel 4.1.2.6 Kegiatan Mengajar Dosen Tetap – Semester Gasal
  17. Tabel 4.1.2.6 Kegiatan Mengajar Dosen Tetap – Semester Genap
  18. Tabel 4.1.2.7 Jumlah Bimbingan Tugas Akhir atau Skripsi, Tesis, dan Disertasi
  19. Tabel 4.1.2.8 Prestasi DTPS
  20. Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS
  21. Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS-1
  22. Tabel 4.1.2.9 Pengembangan Kompetensi DTPS – pada TS-2
  23. Tabel 4.2.2.2 Profil Tendik
  24. Tabel 4.2.2.3 Pengembangan Kompetensi dan Karier Tendik
  25. Tabel 5.1.2.1 Pemerolehan Dana
  26. Tabel 5.1.2.2 Penggunaan Dana
  27. Tabel 5.1.2.3 Dana Penelitian
  28. Tabel 5.1.2.4 Dana PkM
  29. Tabel 5.2.2.1 Data Prasarana Pendidikan
  30. Tabel 5.2.2.2 Data Sarana Pendidikan
  31. Tabel 6.1.2.2 Mata Kuliah, CPL, dan Perangkat Pembelajaran
  32. Tabel 6.2.2.2 Integrasi Hasil Penelitian dan PkM dalam Proses Pembelajaran
  33. Tabel 6.5.2.2 Jumlah Mahasiswa Bimbingan dan Frekuensi Pertemuan
  34. Tabel 6.5.2.4 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Magang Kependidikan dan Frekuensi Pertemuan
  35. Tabel 6.5.2.6 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Tugas Akhir atau Skripsi dan Frekuensi Pertemuan
  36. Tabel 6.6.2.1 Kegiatan Akademik di Luar Perkuliahan
  37. Tabel 6.6.2.2 Dosen Tamu dan Tenaga Ahli
  38. Tabel 6.7.2 Kepuasan Mahasiswa
  39. Tabel 7.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian
  40. Tabel 8.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam PkM
  41. Tabel 9.1.2.1 IPK Lulusan
  42. Tabel 9.1.2.2 Prestasi Mahasiswa
  43. Tabel 9.1.2.3 Masa Studi, Kelulusan Tepat Waktu, dan Keberhasilan Studi
  44. Tabel 9.1.2.4 Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama
  45. Tabel 9.1.2.5 Tingkat Relevansi Pekerjaan
  46. Tabel 9.1.2.6 Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan
  47. Tabel 9.2.2.1 Publikasi DTPS dan Mahasiswa
  48. Tabel 9.2.2.2 Karya Ilmiah DTPS dan Mahasiswa yang Disitasi
  49. Tabel 9.2.2.3 Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Diadopsi oleh Masyarakat
  50. Tabel 9.2.2.4 Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Ber-HKI atau Paten

“Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa”